Thursday, September 8, 2011

Struktur Bahasa Inggris

Kalimat-kalimat dalam bahasa Inggris, seperti bahasa Indonesia atau bahasa manapun, selalu mempunyai komponen yang kurang lebih sama:

Subyek + Kata Kerja + Obyek + keterangan waktu (jika diperlukan)

Saya seterusnya akan menggunakan istilah bahasa Inggris untuk komponen-komponen tersebut di atas, maka struktur di atas menjadi:

Subject + Verb + Object + Time reference

Subject adalah pelaku yang melakukan kegiatan/pekerjaan yang diceritakan dalam kalimat tersebut
Verb adalah kegiatan/pekerjaan yang dilakukan oleh Subject
Object adalah obyek yang dikenai kegiatan/pekerjaan tersebut (bisa sebuah benda atau seseorang)
Time reference adalah keterangan waktu kapan kegiatan/pekerjaan itu dilakukan, kadang digunakan kadang tidak sesuai keperluan

Dalam bahasa Indonesia kita hanya mengenal satu bentuk Verb (kata kerja) untuk setiap kegiatan dan tidak ada perbedaan waktu, yang membedakan konteks kalimat biasanya kita berikan tambahan keterangan waktu, misalnya:

Saya makan nasi goreng kemarin.
Obyek (saya) + Kata Kerja (makan)+ Obyek (nasi goreng) + Keterangan waktu (kemarin)

Dalam bahasa Inggris Verb harus dibedakan sesuai dengan waktu kapan dilakukannya kegiatan tersebut agar konteksnya tidak salah, misalnya:

I ate fried rice yesterday.
Bukan
I eat fried rice yesterday.

Dalam aturan ini, ada kelebihan dan kekurangan dalam mempelajari penggunaan bahasa Inggris. Kekurangannya adalah kita harus menghafal banyak bentuk Verb agar tidak salah konteks, tetapi keuntungannya adalah jika kita sudah menggunakan bentuk Verb yang sesuai dengan konteks waktunya, kita tidak perlu menambahkan lagi keterangan waktu, karena maksud konteksnya sudah tersirat dari bentuk Verbnya.

Jadi kalimat di atas sudah bisa dimengerti hanya dengan bentuk:
I ate fried rice.
Artinya: Saya (sudah) makan nasi goreng, tanpa perlu menambahkan keterangan waktu, dan itu sudah cukup menyampaikan pesan.

Bentuk kalimat di atas disebut sebagai Simple Past Tense (kalimat lampau), itulah yang dinamakan tenses.

Kombinasi tenses, vocabulary dan masih banyak lagi komponen Bahasa Inggris lainnya yang disebut sebagai grammar dalam bahasa Inggris.

Nah, posting-posting saya berikutnya akan saya coba jabarkan lebih detail lagi macam-macam tenses lain dari yang paling sederhana sampai yang lumayan rumit, totalnya ada 16 macam tenses. Dari pengalaman saya selama ini, komunikasi yang paling formal pun hanya menggunakan maksimal 5-6 tenses saja, itu sudah menumbuhkan percaya diri kita dalam berbicara dengan orang asing dan lawan bicara kita sudah sangat menghargai kita karena kita mampu berkomunikasi dengan bahasa mereka sedangkan mereka belum tentu bisa bahasa kita :).

Jadi tidak perlu khawatir dan yang paling penting adalah kita banyak latihan maka bahasa asing akan menjadi sesuatu yang biasa buat kita.

Salam belajar.

No comments:

Post a Comment