Sunday, October 9, 2011

Pronouns

Dalam bahasa Indonesia, kita mengenal kata ganti orang Saya/Aku, Kamu/Anda, Dia, Kita/Kami, Kalian, dan Mereka. Masing-masing memberikan keterangan siapa pelaku atau yang dikenai kegiatan yang disampaikan dalam sebuah kalimat dan dibedakan hanya dari jumlahnya saja. Kata ganti orang dalam bahasa Indonesia bisa digunakan sebagai Subyek maupun Obyek.

Saya/Aku : Kata ganti orang ke-satu (tunggal)
Kamu/Anda : Kata ganti orang ke-dua (tunggal)
Dia : Kata ganti orang ke-tiga (tunggal)
Kita/Kami : Kata ganti orang ke-satu (jamak)
Kalian : Kata ganti orang ke-dua (jamak)
Mereka : Kata ganti orang ke-tiga (jamak)

Dalam bahasa Inggris juga dikenal kata ganti orang yang disebut Pronoun dan banyak jenisnya. Tergantung dari penggunaannya dalam kalimat, Pronoun dibagi menjadi:

  • Personal pronoun
  • Possesive pronoun
  • Demonstrative pronoun
  • Indefinite pronoun
  • Relative pronoun
  • Interrogative pronoun

Dalam posting ini saya akan coba jelaskan Personal Pronoun saja, sedangkan bentuk pronoun yang lain akan dijelaskan di posting lain.

Personal Pronoun
Personal Pronoun (kata ganti orang) bisa digunakan sebagai Subject (Subjective Pronoun) maupun Object (Objective Pronoun).

Subjective Pronoun
Khusus untuk Subjective Pronoun, penggunaan Verbnya harus disesuaikan yaitu untuk orang ke-tiga tunggal kata kerja (Verb) harus ditambah akhiran -s/-es (tergantung bentuk Verbnya). Aturan ini hanya berlaku untuk Simple Present Tense saja, dimana kita tahu bahwa Simple Present Tense menyatakan suatu kegiatan yang sering dilakukan dan rutin. Sedangkan Objective Pronoun tidak mempengaruhi bentuk Verb.

Bentuk-bentuk Subjective Pronoun dan aturan main untuk Verb adalah sebagai berikut:

Subjective Pronoun
Arti
Tunggal/Jamak
Verb perlu s/es?
I
Saya
Tunggal
Tidak
You
Kamu/Anda
Tunggal
Tidak
He
Dia (laki-laki)
Tunggal
Ya
She
Dia (Perempuan)
Tunggal
Ya
It
Dia (Benda atau hewan)
Tunggal
Ya
We
Kami
Jamak
Tidak
You
Kalian
Jamak
Tidak
They
Mereka
Jamak
Tidak


Contoh:
  • I eat rice every day. (Saya makan nasi setiap hari)

  • You always read a book. (Kamu selalu membaca buku)

  • He goes to the cinema every Friday night. (Dia pergi ke bioskop setiap Jumat malam)

  • She swims in the swimming pool every Saturday. (Dia berenang di kolam renang setiap Sabtu)

  • My cat is always thirsty. It always drinks milk. (Kucingku selalu haus. Dia selalu minum susu)

  • We play football every weekend. (Kami main sepakbola setiap akhir minggu)

  • All of you must study hard every day to pass the exam. (Kalian semua harus belajar giat agar lulus ujian)

  • They always go together to the library. (Mereka selalu pergi bersama ke perpustakaan)

Objective Pronoun
Objective Pronoun adalah kata ganti orang yang hanya digunakan sebagai Object dalam kalimat, dibedakan juga antara orang ke-satu, ke-dua dan ke-tiga, yaitu:

Objective Pronoun
Arti
Tunggal/Jamak
Me
Saya
Tunggal
You
Kamu/Anda
Tunggal
Him
Dia (laki-laki)
Tunggal
Her
Dia (Perempuan)
Tunggal
It
Dia (Benda atau hewan)
Tunggal
Us
Kami
Jamak
You
Kalian
Jamak
Them
Mereka
Jamak

Contoh:

  • I went to Joni’s home yesterday but I did not see him. (Aku ke rumah Joni kemarin tapi aku tidak ketemu dia)

  • Mr. Dani is talking to me now. (Pak Dani sedang berbicara dengan saya)

  • I want to bring you to see a movie tonight. (Saya ingin membawa kamu nonton film nanti malam)

  • Do you want us to play basketball tomorrow? (Kamu ingin kami bermain bola basket besok?)

  • This book belongs to her. (Buku ini milik dia)

  • Rina has two pencils, she always use them in school. (Rina punya dua buah pensil, dia selalu memakai mereka di sekolah)
  •  Mrs. Jenny bought a very expensive purse, she bring it everywhere she goes. (Bu Jenny membeli tas yang sangat mahal, dia selalu membawanya kemanapun dia pergi)

No comments:

Post a Comment